Selasa, 12 April 2011

Tips Seputar Pembuatan Video Musik

Banyak prinsip-prinsip pembuatan film umum juga berlaku untuk produksi musik video.

Sebagai langkah awal rekamlah satu lagu secara lengkap yang dapat gunakan sebagai shot master pada proyek anda kemudian rekamlah bagian perbagian seperti penyanyi, pemain musik, model, figuran dsb tergantung tema dan konsep video klip masing-masing

Selain itu, yang paling penting adalah menginstruksikan penyanyi untuk menyanyi dengan sebaik-baiknya dan tidak menyanyi setengah hati. Jika mereka seperti bergumam, tidak akan terlihat bagus ketika mencoba mensinkronkan lagu tersebut, karena ketegangan dan gerakan wajah dan bahasa tubuh tidak akan konsisten dengan vocal /lagu. Mereka harus bernyanyi seolah-olah kita sedang membuat rekaman nyata dari lagu tersebut.

Ambil angle sebanyak mungkin dari berbagai sudut dan lokasi serta mencakup seluruh lagu, ini akan memudahkan editor memiliki pilihan yang banyak dan variatif, dan yang paling penting banyak-nanyaklah mengambil cut away, berbeda pada film video klip banyak sekali jumpshot dan kadang antar shot tidak saling berkaitan dalam hal ini cut away sangat dibutuhkan.

Dalam hal tertentu kaidah film banyak dipakai di video klip seperti teknik komposisi gambar, pencahayaan, pengadeganan, tapi dalam banyak hal justru banyak yang melanggar teknik sinematografi seperti continuity dan cerita terkadang tidak berhubungan satu sama lain justru di sinilah letak keindahan video musik itu sendiri yang memungkinkan kita berkreasi dengan sebebas-bebasnya…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar